Persatuan Ahli Farmasi Kota Kotamobagu: Dedikasi untuk Meningkatkan Pelayanan Kefarmasian

 

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu

Persatuan Ahli Farmasi Kota Kotamobagu: Dedikasi untuk Meningkatkan Pelayanan Kefarmasian

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Cabang Kota Kotamobagu pafikabkotamobagu.org merupakan organisasi profesi yang mewadahi para ahli farmasi di wilayah Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara. Didirikan pada tahun 2020, PAFI Kota Kotamobagu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian dan profesionalisme para anggotanya demi kesehatan masyarakat.

Visi dan Misi PAFI Kota Kotamobagu:

  • Visi: Menjadi organisasi profesi yang terdepan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kefarmasian serta meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian yang profesional, bermutu, dan berorientasi pada pasien.
  • Misi:
    • Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme anggota melalui pendidikan dan pelatihan berkelanjutan.
    • Mewujudkan pelayanan kefarmasian yang bermutu dan berorientasi pada pasien.
    • Meningkatkan peran serta dalam pengembangan kebijakan dan regulasi kefarmasian.
    • Membangun kerjasama dengan berbagai pihak terkait dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat.

Kegiatan PAFI Kota Kotamobagu:

PAFI Kota Kotamobagu aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mencapai visi dan misinya, antara lain:

  • Seminar dan workshop tentang berbagai topik terkait kefarmasian.
  • Pelatihan untuk meningkatkan kompetensi anggota dalam bidang pelayanan kefarmasian.
  • Bakti sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.
  • Kerjasama dengan instansi terkait dalam penyelenggaraan program kesehatan masyarakat.

Peran Penting PAFI Kota Kotamobagu:

PAFI Kota Kotamobagu memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian di Kota Kotamobagu. Organisasi ini telah berkontribusi dalam:

  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para ahli farmasi.
  • Mewujudkan pelayanan kefarmasian yang aman, efektif, dan efisien.
  • Meningkatkan peran serta ahli farmasi dalam edukasi dan konseling pasien.
  • Membangun kerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Persatuan Ahli Farmasi Kota Kotamobagu merupakan organisasi yang penting bagi para ahli farmasi dan masyarakat di Kota Kotamobagu. Dengan dedikasi dan komitmennya, PAFI Kota Kotamobagu terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian dan kesehatan masyarakat.

Sumber Informasi:


Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu

PAFI Kota Kotamobagu: Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para ahli farmasi

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu pafikabkotamobagu.org memainkan peran penting dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para ahli farmasi di wilayah tersebut. Berikut beberapa kontribusi utama PAFI Kota Kotamobagu:

Pendidikan dan Pelatihan:

  • Seminar dan Lokakarya: PAFI Kota Kotamobagu secara rutin mengadakan seminar dan lokakarya untuk membahas berbagai topik terkait farmasi, seperti kemajuan terbaru dalam ilmu pengetahuan farmasi, praktik terbaik dalam dispensing obat, dan regulasi farmasi terkini.
  • Pelatihan Berkelanjutan: PAFI Kota Kotamobagu menawarkan program pelatihan berkelanjutan untuk membantu para ahli farmasi tetap up-to-date dengan pengetahuan dan keterampilan terbaru.
  • Pendidikan Formal: PAFI Kota Kotamobagu bekerja sama dengan institusi pendidikan untuk mengembangkan program pendidikan formal bagi calon ahli farmasi.

Advokasi:

  • Membela Kepentingan Ahli Farmasi: PAFI Kota Kotamobagu mengadvokasi kepentingan para ahli farmasi di berbagai tingkatan, termasuk pemerintah daerah, organisasi profesi kesehatan lainnya, dan masyarakat umum.
  • Mempromosikan Praktik Farmasi yang Etis: PAFI Kota Kotamobagu mempromosikan praktik farmasi yang etis dan bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan pasien.
  • Meningkatkan Kesadaran Publik tentang Peran Ahli Farmasi: PAFI Kota Kotamobagu meningkatkan kesadaran publik tentang peran penting ahli farmasi dalam sistem layanan kesehatan.

Jaringan dan Dukungan:

  • Memfasilitasi Komunikasi dan Kolaborasi: PAFI Kota Kotamobagu menyediakan platform bagi para ahli farmasi untuk saling berkomunikasi, bertukar informasi, dan berkolaborasi dalam proyek-proyek yang bermanfaat bagi komunitas.
  • Menawarkan Dukungan Profesional: PAFI Kota Kotamobagu menawarkan berbagai layanan dukungan profesional untuk para ahli farmasi, seperti mentoring, konseling karir, dan bantuan hukum.
  • Meningkatkan Kesejahteraan Anggota: PAFI Kota Kotamobagu menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial dan rekreasi untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan memperkuat rasa persaudaraan di antara para ahli farmasi.

Secara keseluruhan, PAFI Kota Kotamobagu memainkan peran penting dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan profesionalisme para ahli farmasi di wilayah tersebut. Kontribusi PAFI Kota Kotamobagu sangat penting untuk memastikan bahwa pasien menerima layanan farmasi yang berkualitas tinggi dan aman.


Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu

PAFI Kota Kotamobagu: Mewujudkan pelayanan kefarmasian yang aman, efektif, dan efisien

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan kefarmasian yang aman, efektif, dan efisien bagi masyarakat di wilayahnya. Hal ini sejalan dengan visi dan misi PAFI Kota Kotamobagu untuk meningkatkan kualitas layanan farmasi dan melindungi kesehatan masyarakat.

Upaya PAFI Kota Kotamobagu dalam mewujudkan pelayanan kefarmasian yang aman, efektif, dan efisien:

  • Peningkatan Kompetensi Ahli Farmasi: PAFI Kota Kotamobagu secara berkelanjutan mengadakan pelatihan dan seminar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para ahli farmasi. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa para ahli farmasi memiliki kompetensi yang memadai untuk memberikan pelayanan yang berkualitas.
  • Penerapan Pedoman Praktik Kefarmasian yang Baik: PAFI Kota Kotamobagu mendorong penerapan pedoman praktik kefarmasian yang baik (PPKB) di apotek-apotek dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. PPKB merupakan standar yang mengatur tentang praktik kefarmasian yang aman, efektif, dan efisien.
  • Peningkatan Penggunaan Obat yang Rasional: PAFI Kota Kotamobagu bekerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan penggunaan obat yang rasional. Hal ini dilakukan melalui edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan obat yang benar, serta melalui program intervensi di fasilitas pelayanan kesehatan.
  • Pemanfaatan Teknologi Informasi: PAFI Kota Kotamobagu mendorong pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi pelayanan kefarmasian. Hal ini termasuk penggunaan sistem informasi komputerisasi farmasi (SIMS) dan aplikasi mobile untuk pelayanan kefarmasian.
  • Kolaborasi dengan Tenaga Kesehatan Lainnya: PAFI Kota Kotamobagu aktif menjalin kerjasama dengan tenaga kesehatan lainnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan secara holistik.

Dampak positif dari upaya PAFI Kota Kotamobagu:

  • Peningkatan Keselamatan Pasien: Pelayanan kefarmasian yang aman dapat membantu meningkatkan keselamatan pasien dengan meminimalkan risiko kesalahan obat dan efek samping obat.
  • Penggunaan Obat yang Lebih Efektif: Penggunaan obat yang rasional dapat membantu pasien mendapatkan manfaat maksimal dari obat yang mereka konsumsi, serta meminimalkan risiko efek samping obat.
  • Peningkatan Efisiensi Pelayanan Kefarmasian: Pemanfaatan teknologi informasi dan kolaborasi dengan tenaga kesehatan lainnya dapat membantu meningkatkan efisiensi pelayanan kefarmasian, sehingga pasien dapat lebih cepat mendapatkan layanan yang mereka butuhkan.

Kesimpulan:

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu memainkan peran penting dalam mewujudkan pelayanan kefarmasian yang aman, efektif, dan efisien bagi masyarakat di wilayahnya. Upaya PAFI Kota Kotamobagu telah memberikan dampak positif bagi keselamatan pasien, penggunaan obat yang rasional, dan efisiensi pelayanan kefarmasian.

Sebagai tambahan informasi, Anda juga dapat mengunjungi website resmi PAFI Kota Kotamobagu di https://pafikotakotamobagu.org/registrasi/ untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kegiatan dan program PAFI Kota Kotamobagu.


Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu

Meningkatkan Peran Serta Ahli Farmasi dalam Edukasi dan Konseling Pasien oleh PAFI Kota Kotamobagu

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu aktif dalam meningkatkan peran serta para ahli farmasi di bidang edukasi dan konseling pasien. Hal ini sejalan dengan komitmen PAFI untuk meningkatkan kualitas layanan kefarmasian dan berkontribusi pada peningkatan kesehatan masyarakat.

Upaya PAFI Kota Kotamobagu dalam meningkatkan peran serta ahli farmasi dalam edukasi dan konseling pasien:

  • Pelatihan dan Seminar: PAFI Kota Kotamobagu mengadakan pelatihan dan seminar secara berkala untuk membekali para ahli farmasi dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam edukasi dan konseling pasien.
  • Penyediaan Modul Edukasi: PAFI Kota Kotamobagu menyediakan modul-modul edukasi untuk membantu para ahli farmasi dalam memberikan edukasi kepada pasien tentang penggunaan obat yang benar, efek samping obat, dan interaksi obat.
  • Layanan Konseling Pasien: PAFI Kota Kotamobagu mendorong apotek-apotek dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya untuk menyediakan layanan konseling pasien oleh ahli farmasi.
  • Kolaborasi dengan Tenaga Kesehatan Lainnya: PAFI Kota Kotamobagu bekerja sama dengan tenaga kesehatan lainnya, seperti dokter dan perawat, untuk meningkatkan koordinasi dalam edukasi dan konseling pasien.
  • Pemanfaatan Teknologi Informasi: PAFI Kota Kotamobagu mendorong pemanfaatan teknologi informasi untuk edukasi dan konseling pasien, seperti melalui aplikasi mobile dan website.

Manfaat edukasi dan konseling pasien oleh ahli farmasi:

  • Peningkatan Kepatuhan Pasien: Edukasi dan konseling pasien oleh ahli farmasi dapat membantu meningkatkan kepatuhan pasien terhadap pengobatan, sehingga dapat meningkatkan hasil pengobatan.
  • Pengurangan Kesalahan Obat: Edukasi dan konseling pasien dapat membantu mengurangi kesalahan obat, seperti penggunaan obat yang salah, dosis yang salah, dan interaksi obat yang berbahaya.
  • Peningkatan Pengetahuan Pasien: Edukasi dan konseling pasien dapat membantu meningkatkan pengetahuan pasien tentang obat yang mereka konsumsi, sehingga pasien dapat menggunakan obat dengan lebih aman dan efektif.
  • Peningkatan Kualitas Hidup Pasien: Edukasi dan konseling pasien dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien dengan membantu mereka mengelola penyakit dan kondisi mereka dengan lebih baik.

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu memainkan peran penting dalam meningkatkan peran serta ahli farmasi dalam edukasi dan konseling pasien. Upaya PAFI Kota Kotamobagu telah memberikan manfaat yang signifikan bagi pasien, seperti peningkatan kepatuhan pasien, pengurangan kesalahan obat, peningkatan pengetahuan pasien, dan peningkatan kualitas hidup pasien.

Sebagai informasi tambahan, Anda juga dapat mengunjungi website resmi PAFI Kota Kotamobagu di https://pafikotakotamobagu.org/registrasi/ untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kegiatan dan program PAFI Kota Kotamobagu dalam meningkatkan peran serta ahli farmasi dalam edukasi dan konseling pasien.


Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu: Membangun Kerjasama untuk Meningkatkan Kesehatan Masyarakat

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu aktif menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di wilayahnya. Upaya ini sejalan dengan visi dan misi PAFI Kota Kotamobagu untuk meningkatkan kualitas layanan kefarmasian dan berkontribusi pada pencapaian kesehatan masyarakat yang optimal.

Beberapa contoh kerjasama yang dilakukan oleh PAFI Kota Kotamobagu:

  • Pemerintah Daerah: PAFI Kota Kotamobagu bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam berbagai program kesehatan, seperti program edukasi obat kepada masyarakat, program penanggulangan penyakit menular, dan program peningkatan kualitas pelayanan kefarmasian di apotek dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.
  • Organisasi Profesi Kesehatan Lainnya: PAFI Kota Kotamobagu menjalin kerjasama dengan organisasi profesi kesehatan lainnya, seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Perawat Indonesia (IPI), dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI), untuk meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat.
  • Institusi Pendidikan: PAFI Kota Kotamobagu bekerjasama dengan institusi pendidikan, seperti sekolah tinggi farmasi dan akademi keperawatan, untuk mengembangkan program pendidikan dan pelatihan bagi para ahli farmasi dan tenaga kesehatan lainnya.
  • Masyarakat: PAFI Kota Kotamobagu aktif mengadakan kegiatan edukasi dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, seperti seminar, workshop, dan bakti sosial.

Manfaat kerjasama PAFI Kota Kotamobagu dengan berbagai pihak terkait:

  • Peningkatan Akses Pelayanan Kesehatan: Kerjasama dengan pemerintah daerah dapat membantu meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan, terutama di wilayah pedesaan dan terpencil.
  • Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan: Kerjasama dengan organisasi profesi kesehatan lainnya dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan secara holistik, dengan mengoptimalkan peran dan keahlian masing-masing profesi.
  • Pengembangan Sumber Daya Manusia: Kerjasama dengan institusi pendidikan dapat membantu mengembangkan sumber daya manusia di bidang kesehatan, sehingga menghasilkan tenaga kesehatan yang kompeten dan profesional.
  • Peningkatan Kesadaran Masyarakat tentang Kesehatan: Kerjasama dengan masyarakat dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan pola hidup sehat.

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu menunjukkan komitmen yang kuat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui kerjasama dengan berbagai pihak terkait. Upaya PAFI Kota Kotamobagu telah memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat, seperti peningkatan akses pelayanan kesehatan, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, pengembangan sumber daya manusia di bidang kesehatan, dan peningkatan kesadaran masyarakat tentang kesehatan.


Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu

Manfaat Menjadi Anggota Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu menawarkan berbagai manfaat bagi para anggotanya, baik secara profesional maupun personal. Berikut beberapa manfaatnya:

Pengembangan Profesional:

  • Pendidikan dan Pelatihan: PAFI Kota Kotamobagu secara rutin mengadakan seminar, lokakarya, dan pelatihan untuk membantu para anggotanya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang kefarmasian.
  • Peluang Karir: PAFI Kota Kotamobagu menyediakan informasi tentang peluang karir di bidang kefarmasian, dan membantu para anggotanya dalam mengembangkan jejaring profesional.
  • Advokasi: PAFI Kota Kotamobagu mengadvokasi kepentingan para ahli farmasi di berbagai tingkatan, sehingga membantu melindungi hak dan meningkatkan kesejahteraan para anggotanya.

Dukungan Profesional:

  • Mentoring: PAFI Kota Kotamobagu menyediakan program mentoring untuk membantu para anggotanya yang baru memulai karir mereka di bidang kefarmasian.
  • Konseling Karir: PAFI Kota Kotamobagu menawarkan layanan konseling karir untuk membantu para anggotanya dalam mencapai tujuan karir mereka.
  • Bantuan Hukum: PAFI Kota Kotamobagu menyediakan bantuan hukum bagi para anggotanya yang mengalami masalah hukum terkait dengan profesi mereka.

Jaringan dan Komunitas:

  • Komunikasi dan Kolaborasi: PAFI Kota Kotamobagu menyediakan platform bagi para anggotanya untuk saling berkomunikasi, bertukar informasi, dan berkolaborasi dalam proyek-proyek yang bermanfaat bagi komunitas.
  • Kegiatan Sosial: PAFI Kota Kotamobagu mengadakan berbagai kegiatan sosial dan rekreasi untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan memperkuat rasa persaudaraan di antara para ahli farmasi.
  • Keuntungan Lainnya: PAFI Kota Kotamobagu menawarkan berbagai keuntungan lain bagi para anggotanya, seperti diskon untuk produk dan layanan terkait kefarmasian, serta akses ke berbagai sumber daya dan informasi.

Menjadi anggota Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu menawarkan banyak manfaat bagi para ahli farmasi di wilayah Kota Kotamobagu. Manfaat tersebut meliputi pengembangan profesional, dukungan profesional, jaringan dan komunitas, dan berbagai keuntungan lainnya.


Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu

Layanan Advokasi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Kotamobagu pafikabkotamobagu.org menyediakan layanan advokasi untuk membantu anggotanya dalam berbagai permasalahan terkait profesi apoteker. Berikut beberapa layanan advokasi yang ditawarkan:

  • Konsultasi hukum: PAFI Kota Kotamobagu menyediakan layanan konsultasi hukum gratis bagi anggotanya yang mengalami permasalahan hukum terkait profesi apoteker. Konsultasi hukum ini dapat dilakukan secara langsung di kantor PAFI Kota Kotamobagu atau melalui telepon, email, atau media sosial.
  • Pendampingan hukum: PAFI Kota Kotamobagu juga menyediakan pendampingan hukum bagi anggotanya yang tersandung kasus hukum terkait profesi apoteker. Pendampingan hukum ini meliputi pembuatan surat-surat hukum, menghadiri persidangan, dan membantu negosiasi dengan pihak lain.
  • Pembelaan hak: PAFI Kota Kotamobagu juga dapat membantu membela hak-hak anggotanya yang dirugikan oleh pihak lain. Hal ini dapat dilakukan melalui mediasi, negosiasi, atau bahkan melalui jalur hukum.

Selain layanan advokasi di atas, PAFI Kota Kotamobagu juga menyediakan berbagai layanan lain untuk anggotanya, seperti:

  • Pendidikan dan pelatihan: PAFI Kota Kotamobagu menyelenggarakan berbagai program pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi anggotanya. Program-program ini meliputi seminar, workshop, dan pelatihan dalam berbagai bidang kefarmasian.
  • Pelayanan informasi: PAFI Kota Kotamobagu menyediakan layanan informasi bagi anggotanya tentang berbagai hal terkait profesi apoteker, seperti peraturan perundang-undangan, peluang kerja, dan berita terbaru.
  • Jaringan profesional: PAFI Kota Kotamobagu menyediakan platform bagi anggotanya untuk saling terhubung dan membangun jaringan profesional. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh PAFI Kota Kotamobagu atau melalui media sosial.


Tabel 24 Istilah Pelayanan Farmasi

IstilahDeskripsi
1. ApotekTempat di mana obat-obatan dan produk farmasi lainnya dijual kepada publik.
2. ApotekerTenaga kesehatan profesional yang memiliki keahlian dalam penyediaan obat-obatan dan produk farmasi lainnya.
3. ResepPerintah tertulis dari dokter atau profesional kesehatan lainnya untuk obat-obatan tertentu.
4. Dispensasi obatProses pemberian obat kepada pasien sesuai dengan resep dokter.
5. Konseling obatProses memberikan informasi dan edukasi kepada pasien tentang obat-obatan yang mereka gunakan, termasuk cara minum obat, efek samping, dan interaksi obat.
6. Manajemen terapi obatProses memantau dan mengelola penggunaan obat pasien untuk memastikan efektivitas dan keamanan.
7. Pelayanan farmasi klinisLayanan yang disediakan oleh apoteker untuk membantu pasien mendapatkan manfaat maksimal dari obat-obatan mereka.
8. Farmasi rumah sakitApotek yang terletak di dalam rumah sakit dan menyediakan obat-obatan dan produk farmasi lainnya kepada pasien rawat inap dan rawat jalan.
9. Farmasi komunitasApotek yang terletak di luar rumah sakit dan menyediakan obat-obatan dan produk farmasi lainnya kepada masyarakat umum.
10. Farmasi ritelApotek yang menjual obat-obatan dan produk farmasi lainnya kepada masyarakat umum, biasanya melalui transaksi langsung.
11. Farmasi onlineApotek yang menjual obat-obatan dan produk farmasi lainnya melalui internet.
12. Farmasi mail-orderApotek yang mengirimkan obat-obatan dan produk farmasi lainnya kepada pasien melalui pos.
13. Farmasi klinikApotek yang menyediakan layanan farmasi klinis kepada pasien.
14. Farmasi nuklirApotek yang menyediakan obat-obatan radioaktif untuk diagnosis dan pengobatan penyakit.
15. Farmasi onkologiApotek yang menyediakan obat-obatan untuk pengobatan kanker.
16. Farmasi dermatologiApotek yang menyediakan obat-obatan untuk pengobatan penyakit kulit.
17. Farmasi compoundingApotek yang membuat obat-obatan khusus sesuai dengan resep dokter.
18. Farmasi homeopatiApotek yang menjual obat-obatan homeopati, yang terbuat dari bahan-bahan alami dalam jumlah kecil.
19. Farmasi komplementer dan alternatifApotek yang menjual obat-obatan dan produk komplementer dan alternatif, seperti herbal, suplemen, dan akupunktur.
20. Distribusi obatProses pengangkutan dan pengiriman obat-obatan dari produsen ke apotek dan pasien.
21. Rantai pasokan farmasiJaringan perusahaan yang terlibat dalam produksi, distribusi, dan penjualan obat-obatan.
22. Manajemen rantai pasokan farmasiProses perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian kegiatan dalam rantai pasokan farmasi untuk memastikan ketersediaan dan kualitas obat-obatan.
23. Keamanan obatUpaya untuk memastikan bahwa obat-obatan aman dan efektif untuk digunakan.
24. FarmakovigilansPemantauan efek samping obat-obatan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko potensial.